Fakta Tentang Permen Karet Yang Jarang Diketahui


Permen Karet Tidak Berbahaya Jika


 
Assalamualikum Guys


     Mungkin kita sudah sering mendengar peringatan untuk tidak menelan permen karet, bahkan hal itu bisa membuat kita stress apabila tertelan,Permen karet memang diciptakan  tidak untuk ditelan tapi terkadang bisa tidak sengaja tertelan terutama pada anak-anak.

     Banyak mitos yang digunakan untuk anak-anak seperti  jika permen karet tertelan permen karet tersebut akan tetap berada di usus selama 7 tahun sebelum akhirnya dicerna, bahkan  ada yang mengakatan  bahwa jika tertelan permen karet akan membungkus  jantung dengan sendirinya. Namun semua itu hanyalah mitos .


    Sebenarnya kasus permen karet tertelan cukup langka terjadi, bahan permen karet bisa menyumbat usus, yang beresiko terjadinya kram pada perut, sembelit, susah buang air besar (BAB),dsb. Untuk meminimalisir bahaya itu, perlu untuk kebiasaan atau melatih anak mengunyah permen karet dalam jumlah yang cukup, biasanya ditandai dengan rasa manisnya yang habis.


     Permen karet pada dasarnya terbuat dai karet dasar pemanis,pewaram dan penambah rasa. Karet dasar tersebut terbuat dari campuran elastomer, lilin, resin, lemak, dan juga Emulsifier.


       Perut memang tidak bisa memecah permen karet sebagai manan makanan lainnnya namun sistem pencernaan memiliki cara lain untuk menangani benda benda yang kita telan. Usus akan terus bergerak dan menggerakkan permen karet hingga melewati usus dan keluar dari ujung sistem pencernaa, Air ludah akan langsung mencerna permenkaret,waktu pertamakali permen karet tersebut masuk ke mulut anda lho guys, meskipun yang di cerna kebanyakan pemanis dan bahan lainnya, tapi banyak juga bahan dasar yang tertelan lho guys.


    Lalu permen karet akan turun ke otot perut yang berkontraksi seperti gerakan cacing tanah  yang kemudian perlahan-lahan memaksanya melewati sistem pencernaan.

    Meskipun permen karet itu lengket tapi biasanya tidak bisa mengalahkan kekauatan yang dimiliki usus ,permen karet yang dimakan kemungkinan besar tidak akan melekat pada saluran  Pencernaan kita.


   Professor Kesehatan Lisa Ganchu mengatakan “ Permen karet kan dicerna oleh tubuh jika tetrtelan usus manusia cukup kuat untuk mencerna permen karet, apalagi ditambah asam dan enzim yang berada di sistem pencernaan,permen karet berakahrir di kamar mandi 1 atau 2 hari kemudian.Namun senyawa kimia dalm permen karet sebnarnya tidak dapat dicerna sempurna oleh tubuh dia akan keluar bersama dengan sisa makanan lainnya dalm bentuk feses atau kotoran.


    Lantas apa yang menyebabkan ada yang melarang memakan permen karet padahal itu tidak mebahayakan. Alasannya jika permen karet yang tertelan dalam jumlah banyak, atau  dalam ukuran yang besar dan dalam waktu singkat, kondisi ini akan menyebabkan penyumbatan dalam saluran pencernan biasanya menjadi bahaya cukup serius pada anak-anak karena organ pencernaan yang masih kecil, sehingga pencernaannya bisa terkena resiko tersumbat oleh gumpalan permen karet yang tertelan oleh sang anak.


    Permen karet juga akan menyebabkan tersedak, belum lagi resiko permen karet masuk ke Tenggorokan bukan Kerongkongan. Selain itu permen karet tidak memiliki gizi apapun mungkin karena itu juga para ahli  mencegah seseorang menelan permen karet.Jadi Apa Yang harus dilakukan  Jika Permen Karet Tertelan:


1.Banyak minum air putih
Hasil gambar untuk minum air putih

      Hal ini untuk menghindari agarpermen karet tidak menutupi kerongkongan yang menyebabkan tersedak terutama pada Anak-anak.

2.Makanan
Gambar terkait 
      Makanan akan membantu dari  mendorong Permen karet senhingga gerakan periastaltik dari usus semakin cepat mengeluarkannya dari tubuh.  


  Nah itulah Bahaya Menelan Permen karet dan cara  mengatasinya .Menurut kalian apa aja guys, komen di kolom bawah ya. Sekian dari Saya Assalamualikum Warohmatullahi Wabarokatuh.   


**Terimasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita bersama, untuk dukungan teman-teman bisa berdonasi pada link berikut (Klik Dini) Sebanyak apapun donasi dari teman-teman itu sangat berarti bagi kami dan juga kalau ada dari teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan atau request tema seputar teknologi bisa langsung saja tulis pada kolom pesan di link donasi yang sudah ter sedia.**


EmoticonEmoticon