Cara membuat sistim penyiram tanaman otomatis


Cara membuat sistim penyiram tanaman otomatis

Teknologi.

Assalamu’alaikum.

Bagaimana keadaan teman-teman semua muda-mudahan selalu dalam keadaan sehat dan selalu diberi keselamatan oleh yang mahakuasa, bagi teman-teman yang kurang sehat semoga cepat sembuh supaya bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti sedia kala amin.

Pada kali ini kita akan mencoba membuat sebuah projek yaitu penyiram tanaman otomatis sederhana, projek ini dapat di terapkan pada kebun, dan taman. Jadi kita tidak perlu khawatir lagi untuk tidak bisa menyiram tanaman walaupun sedang dalam perjalanan jauh.

Baca Juga


Dalam sistem ini, sensor kelembaban tanah merasakan tingkat kelembaban tanah. Jika tanah menjadi kering maka sensor merasakan tingkat kelembaban rendah dan secara otomatis mengaktifkan pompa air untuk memasok air ke tanaman yang akan disiram. Ketika tanaman mendapatkan cukup air dan tanah menjadi basah maka sensor merasakan kelembaban yang cukup di tanah. Setelah itu pompa air akan otomatis terhenti.

Kita bisa menggunakan pompa air buatan sendiri dalam sistem ini menggunakan motor 5 volt DC. Sebenarnya kita juga dapat menggunakan pompa air 12 volt dalam sistem tetapi untuk mengoperasikannya, ini akan membutuhkan modul relay. Jadi, untuk mengurangi kompleksitas perangkat keras ini, maka kita gunakan membuat pompa air berbasis motor DC menggunakan dioda, transistor dan register sirkuit gabungan yang mengoperasikan motor DC sesuai dengan kode Arduino


     1.     Komponen dan alat
-         1 buah Arduino
-         DC motor 5v
-         Jamper male to female
-         Sensor kelembaban
Bagi teman-teman yang ingin langsung beli bisa diklik pada tulisan di atas



* Ini adalah tautan afiliasi. mohon dukung kami dengan cara belanja dengan tautan yang tertera di atas, setiap kalai teman-teman belanja dengan tautan diatas itu sangat berarti bagi kami dan kami sangat menghargai setiap dukungan yang teman-teman berikan*

     2.     Skema atau jalur


     3.     Coding program


int WATERPUMP = 13; // pompa motor terhubung ke pin 13
int sensor = 8; // sensor pin digital terhubung ke pin 8
int val; // Variabel ini menyimpan nilai yang diterima dari sensor kelembaban tanah.
void setup() {

  pinMode(13,OUTPUT);
  pinMode(8,INPUT);
  Serial.begin(9600);  
while (! Serial);
  Serial.println("Speed 0 to 255");
}

void loop()
  {
  if (Serial.available())
  {
    int speed = Serial.parseInt();
    if (speed >= 0 && speed <= 255)
    {
      analogWrite(WATERPUMP, speed);
    }
  }
  val = digitalRead(8);  
  if(val == LOW)
  {
  digitalWrite(13,LOW);
  }
  else
  {
  digitalWrite(13,HIGH);
  }
  delay(400);
}


Setelah rangkaian sesuai dengan gambar di atas dan coding telah di copykan pada arduino IDE untuk tes teman-teman bisa langsung masukan ujung dari sensor kelembaban maka secara otomatis motor akan berputar.


Nah itulah bagai mana cara membuat penyiram tanaman otomatis menggunakan arduino semoga bermanfaat saya akhiri dengan salam teknologi dan wassalam.


**Terimasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita bersama, untuk dukungan teman-teman bisa berdonasi pada link berikut (Klik Dini) Sebanyak apapun donasi dari teman-teman itu sangat berarti bagi kami dan juga kalau ada dari teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan atau request tema seputar teknologi bisa langsung saja tulis pada kolom pesan di link donasi yang sudah ter sedia.**


EmoticonEmoticon