Cara Mudah Menghafal Kode Warna Resistor

Cara Mudah Menghafal Kode Warna Resistor


Assalamu’alaikum...

Sebelum kita masuk bagai mana cara cepat menghafal kodewarna resistor sebaiknya terlebih dahulu kita harus mengetahui apa itu resistor.

Resistor adalah komponen elektronika yang berfungsi untuk menghambat atau membatasi aliran listrik yang mengalir dalam suatu rangkain elektronika yaitu fungsi resistor. Sesuai namanya bersifat resistif dan termasuk salah satu komponen elektronika dalam kategori komponen pasif.

Resistro ini memiliki satuan atau nilai resistansi suatu resistor di sebut Ohm dan dilambangkan dengan simbol Omega (Ω). Sesuai hukum Ohm bahwa resistansi berbanding terbalik dengan jumlah arus yang mengalir melaluinya. Selain nilai resistansinya (Ohm) resistor juga memiliki nilai yang lain seperti nilai toleransi dan kapasitas daya yang mampu dilewatkannya.



Nah setelah kita mengetahui apa itu resistor jangan terburu dulu untuk langsung menghafal kode warna resistor kita juga harus mengetahui bentuk simbol dari reisitor itu sendiri, bentuk simbol dari resistor adalah sebagai berikut :


Resistor dalam satuan teori dan penulisan rumus disimbolakan dengan huruf “R” dan pada skema elaktronik resistor tetap disimbolakan kan dengan huruf “R”. Resstor variabel disimbolkan dengan “VR” dan resistor jenis potensiometer ada yang di simbolak dengan “VR” atau “POT”.

Berikut adalah urutan kode warna pada resistor :


Nah setelah kia mengetahui apa itu resistor dan telah mengenal simbol dari resistor sekarang kita masuk pada cara menghafal kode warna resisto ala zakky hehehehehe. Walaupun cara ini tidak 100% berhasi tetapi setiap murit SMK yang bertanya pada saya tentang bagai mana cara menghafal kode warna resistor saya selalu memakai cara saya dan pada umumnya berhasil, mautau cara nya? Ini dia cara nya.

Cara menghafalnya adalah ingat huruf awal dari setiap kode warna reistor dan gabungkan setiap awalan warnatersebut. Maksudnya seperti ini :

      1.      Hitam = H
      2.      Cokelat = Co
      3.      Merah = Me
      4.      Orange = O
      5.      Kuning = Ku
      6.      Hijau = Hi
      7.      Biru = Bi
      8.      Ungu = U
      9.      Abu-abu = A
    10.  Putih = P

Dan jika dibaca menjadi HCOMEOKUHIBIUAP.
Itulah cara menghafal kode warna reisistor ala zakky, saya tidak merekomndasikan cara menghafalnya harus seperti itu karena manatau teman-teman bisa mendapatkan cara menghafal yang lebih mudah dan lebih simpel dari yang saya sarankan, :D (Y)

Semoga artikel kali ini bermanfaat bagi kita semua.
Saya zakky salam teknologi.

Wassalam.


3 komentar

Supaya mudah dihafal maka dapat diringkas menjadi hi-co-me-ji-ku-hi-bi-u-a-p, yaitu kempanjangan dari hitam-coklat-merah-jingga(oranye)-kuning-hijau-biru-ungu-abu abu-putih.

manteb ilmunya ini min...
solder uap


EmoticonEmoticon