cara membuat alarm pintu menggunakan Arduino

Alarm Pintu menggunakan Arduino dan Sensor Ultrasonik

Teknologi.
Assalamu’alaikum.
Bagaimana keadaan teman-teman semua muda-mudahan selalu dalam keadaan sehat dan selalu diberi keselamatan oleh yang mahakuasa, bagi teman-teman yang kurang sehat semoga cepat sembuh supaya bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti sedia kala amin.

Keamanan selalu menjadi perhatian utama bagi kita semua dan ada banyak sistem keamanan dan pengawasan berbasiskan Hi tech dan IoT yang tersedia di pasar. Intruder atau Burglar Alarm adalah salah satu proyek klasik dan populer di kalangan mahasiswa dan penggemar Elektronik.

Alarm Pintu Terkontrol Arduino ini dapat dipasang di dekat pintu untuk mendeteksi keberadaan siapa pun di pintu. Setiap kali seseorang datang dalam jangkauan sensor Ultrasonik, bel mulai berbunyi bip. Anda dapat menyesuaikan rentang deteksi sensor sesuai dengan pintu Anda. Sistem ini juga dapat melayani tujuan Motion Detector.

Nah pada kali ini kita akan membuat sebuah sistem sedrehanan yaitu membuat bel alaram otomatis menggunakan arduino dan sensor ultrasonik. Disini kita akan mengukur jarak dar pintu ke sensor ultrasonik. Logika dari porgramnya dalah apabila jarak yang ditentukan atau jarak minimal di langgar maka buzzer akan berbunyi.

Nah untuk tidak berpanjang kata-kata mukodimah mari kita angsung saja, oiya sebelum masuk ke tatacara pembuatan sensor alaram pintu, bagi teman-teman yang ingin mengganti buzzer dengan alaram 12v atu lebih kita bisa menggunakan module tambahan yaitu module relay tetapi disini kita hanya mnggunakan buzzer 5v

Baca juga


Bagiam Pertama alat dan bahan

     1.     Arduino (Beli disini)
     2.     Sensor ultrasonik (bel disini)
     3.     Buzzer (beli disini)
     4.     Jumper (Beli disini)
     5.     papan percobaan (beli disini)



* Ini adalah tautan afiliasi. mohon dukung kami dengan cara belanja dengan tautan yang tertera di atas, setiap kalai teman-teman belanja dengan tautan diatas itu sangat berarti bagi kami dan kami sangat menghargai setiap dukungan yang teman-teman berikan*

Bagian kedua rangkaian gambar alat


Bagian Ketiga cara pembuatan alaram pintu

     1.     rangkai setiap komponen diatas sesuai gambar rangkiaannya.
     2.     seperti yang telah di jelaskan sebelumnya kita bisa memakai module relay apabila kita menggunakan alaram di atas 5V.
     3.     setelah semuanya terangkai sesuai gambar sekarang kita masuk pada coding programnya

Bagian keempat coding program

Dalam proyek ini kita akan menggunakan Perpustakaan NewPing.h untuk sensor Ultrasonik, yang dikembangkan oleh Tim Eckel. Meskipun kita dapat menggunakan sensor Ultrasonik tanpa pustaka ini seperti yang kita lakukan di proyek sebelumnya, tetapi Pustaka ini menyediakan banyak fitur yang baik untuk sensor Ultrasonik dan menjadi mudah untuk Kode untuk sensor ultrasonik menggunakan perpustakaan ini. Kita dapat menggunakan fungsi sensor ultrasonik dengan mudah menggunakan perpustakaan ini tanpa menulis terlalu banyak baris kode; itu seperti perpustakaan lain yang digunakan untuk menangani kompleksitas di tingkat bawah.


Oleh karena itu sebelum mengcopy koding di bawah ini sebaiknya kita download dulu library tersebut, bisa download disini.

#include
#define TRIGGER_PIN  12
#define ECHO_PIN     11
#define MAX_DISTANCE 500.
NewPing sonar(TRIGGER_PIN, ECHO_PIN, MAX_DISTANCE);
unsigned int pingSpeed = 50;
(in milliseconds). 50ms would be 20 times a second.
unsigned long pingTimer;
int flag = 0;
void setup() {
  Serial.begin(115200);
results.
  pingTimer = millis();
  pinMode(10, OUTPUT);
}
void loop() {
   if (millis() >= pingTimer) {  
   pingTimer += pingSpeed;      // Set the next ping time.
    sonar.ping_timer(echoCheck);
  }
  if (flag == 1)
  {
    digitalWrite(10, HIGH);
    delay(500);
    digitalWrite(10, LOW);
    delay(500);
    digitalWrite(10, HIGH);
    delay(500);
    digitalWrite(10, LOW);
    delay(500);
  }
  else
  {
    digitalWrite(10, LOW);
  }
}
void echoCheck() {
 if (sonar.check_timer()) {   
    Serial.print("Ping: ");
    Serial.print(sonar.ping_result / US_ROUNDTRIP_CM);
    Serial.println("cm");
    if ((sonar.ping_result / US_ROUNDTRIP_CM) < 50)
      flag = 1;
    else if ((sonar.ping_result / US_ROUNDTRIP_CM) > 50)
      flag = 0;
  }
}


Nah itulah cara membuat alaram pintu rumah menggunakan arduino dan sensor ultrasonik, semoga artikel kaliini bermanfaat untuk kitasemua sepertibiasa saya akhiri dengan salam teknologi dan wassalam.


**Terimasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita bersama, untuk dukungan teman-teman bisa berdonasi pada link berikut (Klik Dini) Sebanyak apapun donasi dari teman-teman itu sangat berarti bagi kami dan juga kalau ada dari teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan atau request tema seputar teknologi bisa langsung saja tulis pada kolom pesan di link donasi yang sudah ter sedia.**


EmoticonEmoticon