Manfaat Blog Secara Umum Dan Untuk Bisnis


Manfaat Blog Secara Umum Dan Untuk Bisnis

Assalamu’alaikum.
Bagai mana keadaan teman-teman semua muda-mudahan selalu dalam keadaan sehat dan selalu diberi keselamatan oleh yang mahakuasa, bagi teman-teman yang kurang sehat semoga cepat sembuh supaya bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti sedia kala amin.

punya blog itu banyak sekali manfaatnya. Blog --singkatan dari website blog-- menjadi sarana mengasah keterampilan menulis, media berbagi (share) pengalaman, sedekah ilmu, berbagi cerita, bahkan berbagi kesedihan dan kesenangan. Tetapi manfa’at dari blog bukan itu saja nah untuk itu mari kita langsung saja muda-mudahan ini bisa menjadi sebuah motifasi untuk kita semua.

   1.  Dapat Mengikuti Kompetisi
Ya dengan memiliki blog kita bisa mengikuti kompetisi menulis, kompetisi tersebut hampir ada pada setiap bulannya dan bahkan pada bulan yang sama ada 5 kompetisi artikel yang memiliki tema yang pastinya berbeda. Hadiah untuk pemenang blog ini tidak tanggung-tanggung diatas 1 jutaan.

   2.  Dapatkan Pekerjaan yang Lebih Baik

Blog bisa membuat kita mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dari yang sekarang. Menurut MediaBistro, 9 dari 10 perusahaan memeriksa profile online sebelum merekrutnya. Para bos dan manajer perushaan ingin mempekerjakan orang-orang yang memiliki pengaruh kuat di dunia online.Blogging adalah satu-satunya cara untuk mendapatkan pengaruh online itu. Dengan ngeblog, kita mencantumkan profil sekaligus minat, hobi, keahlian, bahkan karakter yang tercermin dalam posting atau isi (konten) blog.
Fotografer, desainer, dan sejenisnya, bisa posting karya-karyanya di blognya, juga berbagi tips yang menunjukkan keahliannya dalam bidang fotografi dan desain.Ringkasnya, blog itu menjadi "personal branding" kita. Promosi online tentang keahlian dan identitas diri kita.

   3.  Media Mempopulerkan Sesuatu Atau Diri Sendiri
Ini adalah salah satu pegaruh positif juga ya kenapa tidak dengan memiliki blog kita bisa mempromosikan toko yang kita miliki. Ataupun mempromosikan skill yang kita miliki misalnya teknisi elektronika ataupun skill fotografi.

   4.  Dengan Blog Membuat Kita Lebih Banyak Tau

Mengapa kita bisa lebih banyak tau karena dengan blog kita di tuntut terus membaca dan menggali sebuah informasi dengan demikian kita akan menemukan hal baru.

   5.  Memulai Bisnis Baru

Blog bisa menjadi ajang bisnis. Kadang-kadang, awalnya ngeblog itu hanya hobi, tapi berkembang menjadi bisnis penuh waktu. Kita bisa menjadi Blogpreneur! Itulah yang dialami Pat Flynn. Awalnya ia ngeblog di Green Exam Academy hanya untuk sharing pemikiran dan ulasan tentang arsitektur. Ketika ia keluar dari pekerjaannya, ia memutuskan mengurus blognya lebih serius dan setahun kemudian blognya itu bisa mendapatkan 100.000 dolar per tahun! Google AdSense salah satu sumber pendapatan blogger, juga media-media online pada umumnya. 

   6.  Sebagai media untuk memotifasi
Biasanya ini cendrung untuk para pembaca di blog kita, Dengan adanya blog kita bisa memotifasi orang lain lewat tulisan yang kita buat. Cara memotifsi lewat blog yaitu kita menceritakan pengalaman kesuksesan kita sendiri ataupun orang lain.

   7.  Menjadi Penulis Yang Lebih Baik 
Menjadi penulis yang lebih baik adalah manfaat ngeblog yang paling terasa. Blog itu mengasah keterampilan menulis. Cara terbaik latihan menulis ya ngeblog.

   8.  Sebagai Media Untuk Mencari Teman
Tidak sedikit parabloger mendapatkan teman baru dan bahkan teman baru tersebut berada di negara lain. Dan memiliki teman diliar negeri itu sangatlah bermanfa’at selain kita bisa share the experience kita juga bisa melakukan mitra kerja dengan dia.

   9.  Menjadi Penulis Dipublikasikan
Menjadi penulis di media. Ngeblog bukan saja cara yang baik untuk menjadi penulis yang lebih baik, tapi juga bisa menjadi jalan tercepat untuk menjadi penulis di media massa --menulis artikel opini dan mendapatkan honor tulisan. Ini sudah dibuktikan oleh seorang dosen saya di IAIN Batusangkar beliau berkata untuk membuat 1 artikel dihargai seharga Rp 600ribu dan dia selalu memnulis 2 artikel dalam 1 hari hebat bukan.

   10.                   Sebagai Sarana Berkreasi
Dengan blog kita bisa menunjukan skill kita kepada orang banyak dan mengepos hal terbaru yang sedang kita lakukan memang ini bisa dilakukan di media sosial lainnya contonya instagram, facebook, dan youtube tetapi blog juga bisa untuk hal tersebut.

   11.                   Mengetahui Minat Pembaca
Belajar lebih banyak tentang karakter dan minat orang. Kita akan tahu tema atau tulisan apa yang disukai pembaca dari jumlah like, share, dan komentar, juga dari posting terpopuler yang bisa dilihat di statistik blog dan Google Analytic. Dan setelah kita melihat hasil kita akan lebih mudah untuk membuat strategi untuk menarik pembaca.

   12.                   Bermanfaat Untuk Orang Lain
Apabila kita membuat tulisan yang bermanfaat untuk orang lain. Kita bisa berbagi ilmu yang bermanfaat dan itu juga sebagai amal untuk kita.
Nah itulah 12 manfaat blog semoga bermanfaat untuk kita semua dan semoga artikel ini bisa menjadi motifasi untuk selalu berkarya, sekian dulu saya akhiri dengan salam teknologi dan wassalam.

**Terimasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita bersama, untuk dukungan teman-teman bisa berdonasi pada link berikut (Klik Dini) Sebanyak apapun donasi dari teman-teman itu sangat berarti bagi kami dan juga kalau ada dari teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan atau request tema seputar teknologi bisa langsung saja tulis pada kolom pesan di link donasi yang sudah ter sedia.**


EmoticonEmoticon