Elco (Elektrolit Condensator)

Elco (Elektrolit Condensator)


Assalamu’alaikum

Kali ini kita akan membahas sebuah komponen elektronika yaitu elco. Elco adalah adalah jenis kapasitor yang memiliki dua kutub pada kaki-kakinya. Kapasitor ini juga biasa disebut dengan kapasitor polar.

Baca juga

        
 
Jadi untuk pemasangan kapasitor elektrolit atau elco ini tidak boleh sampai terbalik. Sebab kaki satu dengan kaki yang lain berbeda. Sebuah elco memiliki dua kaki, yakni kaki (-) dan kaki (+). Anda bisa menemukan elco ini dengan mudah pada rangkaian-rangkaian elektronika seperti power supply, dan masih banyak lagi yang lain.
Setiap elco memiliki tegangan yang berbeda-beda. Biasanya pada bodynya tertulis batas tegangan maksimalnya. Jika tegangan yang mengalir ke elco melebihi batas, maka kemungkinan elco tersebut akan rusak dan bahkan meledak. Jadi sebaikny anda perhatikan baik-baik dalam menggunakan komponen elektronika yang satu ini.

Fungsi Elco

lco memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik DC. Namun pada prakteknya, elco memiliki fungsi yang sangat beragam mulai dari sebagai filter atau penyaring, sebagai kopling, penghemat daya listrik, sampai dengan pembangkit frekwensi. Tak heran jika elco dapat ditemukan di hampir semua jenis rangkaian elektronika

Demikian informasi singkat mengenai mengenai komponen elektronika yang satu ini semoga bermanfa’at untuk kita semua.

Saya zakky salam teknologi



Wasslam.


EmoticonEmoticon