Liwi teknologi yang akan menggantikan Wifi

Liwi adalah teknologi terbaru yang akan menggantikan Wifi


Assalamu’alaikum.


Bagai mana keadaan sahabat semua semoga dalam keadaan sehat selalu amin dan yang kirang sehat semoga lekas sembuh. Kali ini kita akan membahas salah satu trobosan terbaru dan di gadang-gadang akan menggantikan Wifi adalah Wifi. Liwi adalah teknologi komunikasi nirkabel dua arah yang berkecepatan tinggi dan mirip dengan teknologi Wi-Fi. Istilah ini dicetuskan oleh Harald Haas dan merupakan sebuah bentuk dari komunikasi yang memanfaatkan cahaya tampak. Teknologi ini dapat menjadi pelengkap komunikasi RF (Wi-Fi atau jaringan seluler). 

Baca juga:


Liwi atau Light Fidelity menggunaka cahaya untuk mentrasmisikan data mengapa menggunakan cahaya karena cahaya mempunyai kecepatan tertinggi di alam semesta ini karena itu tidak salah kecepatan data dari LIWI ini lebih cepat dari WIFI yang pengantar datanya menggunakan gelombang radio.Perbandingan kecepatan antara Wifi dengan Lefi adalah apabila Wifi mempunyai kecepatan 300Mbps maka Lifi 224.000Mbps, dengan kecepatan Lifi tersebut kita dapat mensering 5.600 musik/detik dan 280000 foto atau ganbar.


Meskipun memiliki kecepatan yang tinggi tetapi Lifi memiliki kelemahan. Kelemahan itu terjadi karena sifat dari cahaya itu sendiri contohnya cahaya tidak bisa menembus dinding dan jarak resifer dan transmiter harus dekat supaya koneksi yang kita terima tetap stabil. berbeda dengan Wifi yang menggunakan gelombang radio yang dapat menembus dinding dan walaupun jarak dari transmiter cukup jauh dari resifer jaringan tetap stabil.

Simulasi dari teknologi Lifi

 

Nah bagai mana menurut teman-teman memilih Lifi atau Wifi?
Itu lah penjelasan singkat dari saya semoga bermanfa’at untuk kita semua.
saya zakky salam teknologi.

wassalam.

1 komentar:


EmoticonEmoticon