Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah



WUDHU SESUAI SEPERTI RASUL

Assalamulaikum Ikhwah Wa Akhwati fillah Kaifa haluk? Pada artikel sebelumnya kita membahas tentang Sholat dan pada artikel kali ini kita akan membahas tentang Syarat Sah Solat yaitu Wudhu.Mari kita simak Artikel berikut ini :

1. Apa itu Wudhu
                Wudhu berasal dari bahasa arab yang secara harfiah berarti bersih Wudhu menurut istilah syari'at islam adalah membersihkan anggota wudhu dengan air yang suci dan mensucikan sesuai dengan syarat dan rukun tertentu bertujuan untuk menghilangkan hadats kecil. Sesuai dengan Firman Allah SWT.
ياأَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قُمْتُمْ إِلَى الصَّلاةِ فَاغْسِلُوا وُجُوهَكُمْ وَأَيْدِيَكُمْ إِلَى الْمَرَافِقِ وَامْسَحُوا بِرُءُوسِكُمْ وَأَرْجُلَكُمْ إِلَى الْكَعْبَيْ
Artinya : "Wahai orang-orang yang beriman! Apabila kamu hendak melaksanakan shalat, maka basuhlah wajahmu dan tanganmu sampai ke siku, dan sapulah kepalamu dan (basuh) kedua kakimu sampai ke kedua mata kaki". (Al-Maidah :6)
2. Rukun Wudhu
          Setelah kita mengetahui apa itu wudhu selanjutnya kita juga harus tau apa saja Rukun Wudhu:
  1.     Niat
  2.     Membasuh muka
  3.     Membasuh kedua tangan
  4.     Membasuh kepala
  5.     Membasuh kedua telapak kaki

Setelah Mengetahui apa Rukun Wudhu juga terdapat Sunnah Wudhu yaitu:
1.     Membaca Basmalah
2.     Membasuh Kedua Tangan
3.     Berkumur-kumur
4.     Instinsyaq
5.     Membasuh kedua telinga




3.  Tata Cara Wudhu Sesuai Sunnah

   1.     Niat
Niat adalah hal yang penting sesuai dengan Hadist Rasul yang berbunyi:
الْأَعْمَالُ بِالنِّيَّةِ وَلِكُلِّ امْرِئٍ مَا نَوَى
“Semua perbuatan tergantung niatnya, dan (balasan) bagi tiap-tiap orang (tergantung) apa yang diniatkan…“(HR. Muttafaqun Alaihi).
Dan Niat Wudhu yang dibaca sesuai Sunnah adalah
“ Nawaitul wudhuu-a liraf'll hadatsil ashghari fardhal lilaahi ta'aalaa"
Artinya :
"Saya niat berwudhu untuk menghilangkan hadats kecil fardu karena Allah."
   2.     Membaca Basmalah
          Rasulullah menganjurkan agar setiap kegiatan diawali Bismillah begitupun wudhu namun jika kita lupa membaca basmalah tidak apa-apa.  
   3.     Membasuh kedua tangan
          Membasuh kedua tangan  hal ini dianjurkan supaya membasuh kedua tangan hal ini dianjurkan karena ketika kita membasuh kedua tangan kita dianjurkan agar hadas kecil yang melekat pada tangan dan  sela-sela jari kita,sehingga ketika kita membasuh anggota wudhu kita yang lain tangan dalam keadaan bersih.
   4.     Berkumur-kumur
          Bagi kalian yang sering mulut bau berkumur-kumur,bisa mengurangi bau mulut dan berkumur-kumur sebanyak tiga kali sesuai sunnah rasulullah.       
   5.     Instinsyaq
          Instinsyaq adalah proses menghirup dan mengeluarkan air dari lubang hidung,dan menurut kesehatan instisyaq bisa mencegah kanker dan stoke lho Ikhwatiwaakhwatifillah.
   6.     Membasuh muka sebanyak 3 kali
                                     
Membasuh muka merupakan rukun wudhu dan cara membasuh muka sesuai rasul adalah:
كَانَ إِذَا تَوَضَّأَ أَخَذَ كَفًّا مِنْ مَاءٍ فَأَدْخَلَهُ تَحْتَ حَنَكِهِ فَخَلَّلَ بِهِ لِحْيَتَهُ وَقَا  هَكَذَا أَمَرَنِى رَبِّى عَزَّ وَجَلَّ
“Merupakan kebiasaan (Nabi shallallahu ‘alaihi was sallam) jika beliau akan berwudhu, beliau mengambil segenggaman air kemudian beliau basuhkan (ke wajahnya) sampai ketenggorokannya kemudian beliau menyela-nyela jenggotnya”. Kemudian beliau mengatakan, “Demikianlah cara berwudhu yang diperintahkan Robbku kepadaku.” (HR. Abu Dawud)
   7.     Membasuh Kedua Tangan

   8.    
Membasuh kepalaMembasuh Kedua Tangan Secara Sunnah adalah menyirami tangan dari atas kebawah sesuai surah Al-Maidah Ayat 6 .
Membasuh atau mengusap kepala sesuai Sunnah adalah mengusap dari depan sampai belakang sesuai Hadist Abu Dawud No.106 
    9.     Membasuh Telinga Sebanyak 3 kali
Membasuh Telinga sesuai dengan sunnah yaitu mengambil air dengan jari,lalu jari telunjuk dimasukkan ke dalam lubang telinga lalu jempol memutari dan daun telinga dan telinga bagian luar.
  10.  Membasuh Kedua Telapak Kaki
Membasuh kaki sesuai sunnah adalah membasuh seluruh telapak kaki dari ujung jari kaki sampai belakang tumit dan pada sela-sela jari kaki disunahkan membasuh dengan keligking jari tangan.

4. Hal-Hal Yang Membatalkan Wudhu
  1)    Keluar Sesuatu dari (Qubul&Dubur)/Buang Air atau kentut secara disengaja.
  2)    Menyentuh Kemaluan secara sengaja dengan telapak tangan atau jari tanpa penutup
  3)    Hilang akal karena,gila mabuk dan lain sebagainya
  4)    Memakan daging unta,memakan babat hati,lemak ,ginjal atau perut besar
  5)    Bersentuhan dengan lawan jenis yang bukan Mahram
  6)    Makan dengan sengaja  

Nah itulah Tata Cara Wudu Sesusai Sunnah menurut La Tahzan Afwan apabila ada kesalahan apabila ada yang kurang boleh Comeent agar Penulis bisa memeperbaikinya Sekian saja artikel kali ini ,Jazakallah katsiron.
Assalmualaikum WarohmatullahiWabarakatuh


**Terimasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita bersama, untuk dukungan teman-teman bisa berdonasi pada link berikut (Klik Dini) Sebanyak apapun donasi dari teman-teman itu sangat berarti bagi kami dan juga kalau ada dari teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan atau request tema seputar teknologi bisa langsung saja tulis pada kolom pesan di link donasi yang sudah ter sedia.**
         




EmoticonEmoticon