8 Kebiasaan Sehari-hari yang dapat Merusak Gadget

8 Kebiasaan Sehari-hari yang  dapat Merusak Gadget


Assalamu’alaikum.

Selamat pagi, siang, sore dan malam teman-teman semua dimanapun teman-teman berada walaupun diujung dunia sekalipun saya akan tetap mendo’akan semoga pada hari ini kita selalu diberi perlindungan oleh sang maha pencipta dari semua kegiatan yang ita lakuka dan setiap kegiatan yang akan kita lakukan jangan lupa untuk membaca Bismillahirrahmanirrahim.

Dengan adanya Gadget pastinya akan mempermudah urusan kita sehari-hari seperti komunikasi, pengiriman data, dan juga pekerjaan kantor atau tugas kuliah. Dengan kemampuan yang demikian Gadget juga menjadi andalan kita dalam beraktifitas, tetapi teman-teman tau gak bahwa Gadget juga memerlukan perlakuan khususlo. Jadi kalau teman-teman ingin memiliki Gadget yang awet makenya jangan sembarangan. Nah disini ZMA akan memberi informasi apa-apa saja yang tidak boleh di lakukan pada gadget. 8 Kebiasaan Sehari-hari yang  dapat Merusak Gadget.
1.   Jangan Ngecas Laptop atau Smartphone Saat Hujan Badai
Kenapa yang ini saya posisikan di bagaian nomor 1 karena laptop dan smartphone adalah Gadget yang paling di butuhkan pada zaman Now ini, siapa yang di antara teman-teman yang tidak mengakuinya mungkin kamu adalah sekian banyak orang yang masih belum terkontaminasi dengan zaman now hehehehe. Sebab alasan kenapa tidak boleh ngecas pada saat hujan badai adalah karena pada saat hujan badai, listrik akan mengalami naik turun karena terpengaruh oleh petir nah karena listrik yang naik turun ini yang akan mengakibatkan kerusakan pada perangkat Gadget tersebut.

2.   Sering Menggunakan Charger Bajakan alias KW
Di pasaran, banyak beredar adapter charger yang dibekali kemampuan fast charging. Isi ulang baterai dengan charger palsu atau bukan bawaan itu berbahaya. Karena spesifikasi dan keamanan dari charger tersebut tidak lah terjamin. Caramudah mengetahui sebuah chager itu asli atau palsu adalah apabila pada saat kita membelinya kita mendapatkan kartu garansi selama 1 tahun.

3.   Memakai Laptop Atau Smartphone Di Bawah Sinar Matahari
Karena kontak yang terlalu lama dengan terik matahari akan berakibat panas yang berlebih pada Gadget tersebut dan yang paling berbahaya lagi adalah akan membuat penurunan performa dari ketajaman layar Gadget tersebut menurun. kecuali teman-teman ada alat pelindung seperti gambar di atas.

4.   Memakai Laptop Tetapi Ditaruh Diatas Bantal Atau Kasur
Kalau yang satu ini adalah kebiasaan yang sering dilakukan oleh para kaum hawa yang memiliki hobi menonton apalagi darama korea hehehehehe ayo jujur 85% akan mengatakan benar. Kenapa kebiasaan ini akan berakibat bahaya pada laptop? karena pada saat kita meletakkan laptop yang lagi hidup di atas yang empuk fentilasi dari laptop tersebut akan tertutup dan siklus udara laptop tersebut akan terganggu. jadi hindari lah kebiasaan yang satu ini cara untuk menghindarinya bisa baca disini.

5.   Jangan Mengecas Smartphone Sambil Menggunakan Case Tambahan
Kenapa hal ini tidak boleh di lakukan karena pada saat ngecas otomatis panas dari smartpone meningkat, kebayangkan panas yang meningkat tetapi tidak bisa keluar dengan sempurna karena terhalang oleh case pastinya panas smarphone tersebut akan menjadi overhit.

6.   Jarang Membersihkan Laptop
2 kali dalam setahun, sangat disarankan untuk membersihkan bagian dalam laptop. Ini tujuannya agar kinerja laptop tetap terjaga. Saat mulai sering mendengar suara bising dari dalam laptop, segera bongkar dan bersihkan dari debu agar kinerja laptop tetap kencang dan nyaman. Kalau teman-teman tidak bisa atau tidak mahir dalam membongkar laptop teman-teman tidak perlu takut minta aja bantuan sama saya hehehehehe.  

7.   Ngecas Baterai Setelah Habis Total
Agar awet, jangan biarkan baterai smartphone habis total, tapi isi ulang saat berada pada level 10-20%. Proses isi ulang yang dimulai dari 0% akan memakan waktu lebih lama. Selain itu baterai yang dibiarkan habis total juga berisiko kehabisan daya lebih cepat karena aus atua bocor. Dan jangan sering-sering mengisi ulang baterai lewat laptop.

8.   Baterai Laptop Selalu Dicas
Wajar jika laptop teman-teman terus-terusan dicas karena takut kehabisan baterai saat ngetik tugas kantor atau kampus apalagi nonton. Tapi agar laptop tetap awet, sebaiknya biarkan baterai laptop kosong 0% setiap 3 bulan sekali untuk menjaga akurasi status battery bar.

Nah itulah 8 Kebiasaan Sehari-hari yang  dapat Merusak Gadget. kalau teman-teman bagian mananih yang sering di lakukan. semoga artikel ini bermanfa’at untuk kita semua saya zakky salam teknologi.
Wassalam.




5 komentar

This comment has been removed by the author.

tidak memakai kipas saat digunakan jangka panjang biasanya berpengaruh min....
power supply 30v 5a


EmoticonEmoticon