Cara Membersihkan File Sampah di Komputer atau Laptop

Cara Membersihkan File Sampah di Komputer atau Laptop Tanpa Software
Assalamu’alaikum...

Kali ini kita akan membahas tentang sampah ya sampah, seseorang teman yang berani meninggal kan temannya demi pacar itu lebih rendah dari sampah(Uciha zakky) hehehehe saya juga pecinta anime lo teman-teman.

Jadi sebelum kita membahas bagai mana cara menghapus file sampah pada kompuer atau laptop seperti biasa kita harus mengenal dulu apaitu file sampah, file sampah adalah file yang timbul karena aktifitas kita pada komputer.


Mungkin teman-teman pernah atau mungkin saat ini mengalami komputer (pc, laptop, netbook) berjalan lambat alias lemot. Salah satu penyebab masalah ini adalah banyaknya file sampah yang menumpuk di laptop atau komputer Teman-teman. File sampah yang menumpuk juga membuat hardisk komputer cepat habis.

Dari mana file sampah di komputer dan laptop berasal?


Seperti yang sudah disinggung di atas tadi file sampah adalah file yang timbul karena aktifitas kita pada komputer. Teman-teman menggunakan komputer untuk melakukan pekerjaan seperti membuat dokumen, membuat desain grafis, mendengarkan musik, menonton video, searching web (internet) dan lain sebagainya. File sampah akan tercipta hari demi hari dalam sistem komputer. Lama kelamaan kalau tidak dibersihkan file sampah ini akan menumpuk dan membuat komputer lemot atau Lambek dalam bahasa minang. :D

bagaimana cara membersihkan file sampah di lapto atau komputer?

Berikut ini cara membersihkan file sampah di komputer/laptop tanpa menggunakan software:

1.       Menggunakan Run

Menggunakan Run dari komputer dan laptop merupakan cara yang sangat mudah membersihkan file sampah. Untuk caranya, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

·                     Dari laptop atau komputer teman-tema tekan tombol Windows+R (pakai keyboard) untuk membuka jendela Run. Di jendela Run ketik  %temp% , setelah itu tekan ok atau enter. Akan terbuka jendela File Explorer baru yang berisi file temporary, cukup hapus semua file dan folder yang ada. Atau bisa juga tekan Ctrl+A, kemudian delete.


·                      Setelah itu tekan kembali tombol Windows+R. Setelah terbuka ketik Temp. Selanjutnya pilih continue, hapus juga semua file yang ditampilkan.


·                     Terakhir tekan tombol Windows + R dan kemudian ketik Prefetch, sama seperti langkah di atas hapus semua isi file dan folder yang ditampilkan.

2. Menggunakan Windows Disk Cleanup
Cara lain menghapus file sampah di komputer atau laptop tanpa menggunakan software adalah dengan windows disk cleanup. Untuk menampilkan disk cleanup pada windows 7 dan 8 sangat berbeda tetapi jangan panik disini kita akan membahas kedua caranya. Berikut langkah-langkahnya:

1.               Untuk windows 7

·                     Buka All Programs Accesories > System Tools.  Akan muncul jendela yang berisi banyak sekali tool yang dapat kita gunakan, pilih Disk Cleanup.


·                     Untuk membersihkan file sampahnya, teman-teman tinggal memilih partisi mana yang ingin Anda bersihkan. Misalnya kita ingin membersihkan file sampah di C. Pilih C, klik Ok. Selesai.


2.               Untuk Windows 8
·                                 Arahkan kursor kearah kanan setelah itu klik bagian Search



·                                 Setelah itu pilih Settings terlebih dahulu dan ketik temporar setelah itu klik  free up space by deleting unnecessary files


·                     Tara Disk Cleanup nya udah tampil caranya sama dengan windows 7 Untuk membersihkan file sampahnya, Teman-teman tinggal memilih partisi mana yang ingin Anda bersihkan. Misalnya kita ingin membersihkan file sampah di C. Pilih C, klik Ok. Selesai.


Tara...Selamat!! Kini komputer atau laptop Anda sudah bersih dari file sampah. Lakukan cara di atas minimal seminggu sekali atau ketika komputer dan laptop teman-teman sudah merasa lemot.

Ok itu lah informasi tentang cara menghapus file sampah pada komputer atau laptop tanpa software, semoga bermanfa'at.

Saya zakky salam teknologi.

Wassalam...



1 komentar:

trik yang bermanfaat sekali min...
solder infrared


EmoticonEmoticon