4 Hal Yang Utama Dalam Ngeblog

4 Hal Yang Utama Dalam Ngeblog

Assalamu’alaikum.

Setiap orang yang memutuskan untuk ngeblog pasti memiliki tujuan masing-masing tetapi tidak banyak juga yang mengalami ke gagalan. Hal utama yang mengakibatkan ke gagalan itu adalah yang

    1.      Malas karena trafik gak kunjung naik akhirnya semangat ngeblog turun.
    2.      Kehabisan materi akhirnya gak ngepos lagi.
    3.      Takut salah dan takut kena kritik.
    4.      Keinginan atau motivasi karena orang lain bukan karena diri sendiri.

Dari 4 di atas menurut saya yang nomor 4 adalah yang paling penting karena keinginan yang berasal dari orang lain itu hanya memiliki kekuatan 5% saja. Nah karena itu sangat wajib nya memiliki motivasi dari diri sendiri supaya kita memiliki semangat menulis. Sebelum kita membahas tentang 4 hal penting dalam ngeblog, mari kita tangkis dulu 4 hal yang di atas tadi supaya tidak terjadi dalam diri kita.  

  1.   Melihat Trafik

Siapa yang pernah mengalami trafik seperti? pastinya kita semua pernah mengalaminya apalagi yang pertamakali ngeblog. Pada awal ngeblog yang paling utama sekali bukan lah mencari trafik sebanyak-banyaknya tetapi yang paling utama adalah buat lah konten yang memiliki banyak manfa’at untuk orang lain. Jadi berniatlah ngeblog itu untuk membagikan ilmu sehingga insyaallah manjadi alam jaryah untuk kita, walaupun banyak sebagian dari kita yang mendapatkan informasi bahwa ngeblog bisa mendapatkan penghasilan tetapi jadikan itu sebagai hal yang ke 2. Jadi pasang lah niat kita ngeblog untuk membagikan ilmu dan untuk terafik lama kelamaan akan naik dengan sendirinya.


  2.   Kehabisan Materi
Ini sering terjadi karena kita beranggapan bahwa membuat artikel yang banyak dalam 1 hari adalah hal yang sanagt penting subaya orang bisa menjelajah lebih jauh kedalam blog kita memang itu tidak salah. Tetapi menurut saya yang lebih baik untuk ngepost adalah 1 kali sehari tetepi rutin dari pada sekali banyak dan pada akhirnya fakum. Triknya begini apa bila kita mendapatkan 5 sumber dalam satu hari jangan dipost sekaligus tetapi sisihkan untuk hari esok jadi 5 sumper bisa untuk 5 hari dan begitu seterusnya jadi kita tidak akan kehabisan materi.

  3.   Takut Salah Dan Takut Kena Kritik
Banyak orang yang menganggap, bahwa seseorang yang mendapat kritikan dari suatu hasil yang mereka kerjakan itu akan menjadikan kegagalan bagi diri mereka. Padahal, hal semacam tidak benar. Perlu diketahui, bahwa setiap kritikan yang di dapatkan, akan menjadikan kualitas pekerjaan itu lebih baik lagi. dan Jika mampu menerima kritikan itu serta melakukan perbaikan terhadap hasil atau pekerjaan, maka kita apun nantinya akan mendapatkan pujian yang sepadan.

Jika kita memang merasa takut untuk dikritik, maka, apa yang akan kita lakukan hanya sebatas kemampuan. Tidak akan ada perubahan yang lebih baik lagi jika kita takut dikritik, dan hal itu akan membuat kita semakin terpuruk dalam ketertinggalan. Sebuah kritikan dari orang lain, merupakan salah satu kunci dari kesuksesan orang. Karena, kritikan yang mereka dapat akan memperbaiki kualitas hidup mereka, serta kualitas hasil dari apa yang mereka kerjakan. Jadi jangan takut kena ritik kalau bisa minta kritik itu kepada orang yang lebih berpengalaman.


  4.   Motivasi Dari Orang Lain
Motivasi dari orang lain memang perlu tetapi itu tidak akan bertahan lama karena kebanyakan dari motivasi tersebut kita lakukan karena terpaksa contohnya kita dimotivasi oleh orang tua kita untuk sholat lima waktu sehari semalam, pada awalnya kita memang mengerjakan sholat dengan rutin karena yang menyuruh orang tua. Tetapi pada akhirnya rasa itu akan menurun secara sendirinya karena kita merasa terpaksa dalam melakukannya dan pada akhirnya kita hanya sholat pada waktu dirumah saja.

Cotoh yang kedua adalah ada dua orang yang berpacaran pada awalnya sicewek tidak pernah memakai jilbab tetapi karena di motivasi oleh orang yang dia sayangi akhirnya dia mau menggunakan jilbab, dan pada suatu hari terjadilah pertengkaran hebat dan ahirnya mereka putus. Dan karena putus si cewek kembali lagi tidak menggunakan jilbab.

Dari contoh di atas kita bisa mengambil kesimpulan bahwa, motivasi dari orang lain itu tidak akan bertahan lama kecuali orang yang di motivasi itu merasakan manfa’at dari yang dia kerjakan itu. Jadi begitu penting memiliki semangat dari diri sendiri supaya kita bisa bertahan dengan apa yang dikerjakan. Nah begitu juga dengnan ngeblog walaupun kita mendapatkan motivasi dari orang lain untuk ngeblok tetapi berusahalah untuk mencari manfa’at blog tersebut sehingga kita memakukannya dengan hati yang senang.

 _________________________________________________________________
Nah setelah kita terhindar dari 4 hal di atas insyaallah kita akan betah dan selalu semangat dalam ngebelog. Pada kali ini kita akan masuk pada materi ya itu 4 hal utama dalang ngeblog.

    1.   Menulis Untuk Diri Sendiri
Apa yang saya pahami ketika menulis adalah fakta bahwa kita lebih bebas untuk bercerita jika menulis untuk diri sendiri.Bukannya meremehkan kemampuan teman-teman dalam menulis, tapi kebanyakan blogger pemula yang saya temui memiliki kualitas menulis yang begitu buruk. Mereka menulis dengan tidak fokus tanpa tujuan yang jelas.Lebih baik jangan menulis untuk orang lain dulu. Fokuslah menulis untuk diri sendiri. Cobalah menulis dengan cara sesederhana mungkin.Pengalaman saya pribadi, saya lebih produktif jika saya menulis untuk kepentingan diri sendiri.

    2.   Percaya Diri

Percaya diri ini sangatlah penting bukan hanya dalam ngeblog saja tetapi setiap pekerjaan yang kita geluti kita harus percaya diri. Percaya diri dalam blog adalah kita berani mempublis tulisan yang telah kita buat walaupun tulisan yang kita buat itu amburadul tetapi kita berani dan selalu percaya diri. Tetapi percaya diri disini bukan untuk menjadi sorang yang arogan, percaya diri disini kita senang tiasa menerima kritik dan saran supaya kita bisa lebih berkembang lagi dan menghasilkan tulisan yang lebih baik.

    3.    Jangan Putus Asa
Setelah kita ngeposting tulisan yang kita buat. Yang paling sering kita lihat setelah 20 menit setelah itu adalah trafik dari postingan kita. Kalau kita baru dalam dunia blog trafik seperti yang telah di bahas sebelumnya itu wajar sama seperti kita mengenal orang apabila kita memiliki orang baru kita kenal pastinya kita tidak akan mau terlalu dekat dengan orang tersebut. Begitu juga dengan blog apabila orang sudah mengenal blog kita kelola dan isi blog tersebut sangat bermanfa’at pastinya dengan sendirinya orang akan berdatangan ke blog kita. Jadi jangan putus asa dengan trafik blog yang mengecewakan tetapi jadikan itu sebagai pemicu selalu membuat tulisan yang bermanfa’at.  

    4.   Serahkan Semuanya Pada Allah SWT
Setelah kita membuat postingan yang bermanfa’at selanjutnya yang kita lakukan adalah menyerahkan diri pada Allah swt karena tanpa bantuannya blog yang kita kelola tidak akan menjadi apa-apa ingat seluruh dunia ini milik Allah, karena itu tanpa bantuan sang maha pencipta lanigt dan bumi kitak akan bisa menjadi apa-apa. Satu lagi apabilang kita ingin ngeblog atau mengerjakan sesuatu selalulah mengadu kepada Allah terlebih dahulu supaya apa yang kita kerjakan diridoi olehnya.

Semoga artikel singkat ini bisa menjadi pemicu semangat untuk terus berkarya, sebelum kita akhiri ada satu hal lagi yaitu “Berkarya Lah Untuk Indonesia, Majuka Indonesia Dan Harumkan Nama Indonesia” Terimaksih saya akhiri dengan.
wassalam.

**Terimasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita bersama, untuk dukungan teman-teman bisa berdonasi pada link berikut (Klik Dini) Sebanyak apapun donasi dari teman-teman itu sangat berarti bagi kami dan juga kalau ada dari teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan atau request tema seputar teknologi bisa langsung saja tulis pada kolom pesan di link donasi yang sudah ter sedia.**


EmoticonEmoticon