Cara Memperbaiki Monitor Acer Mati Hidup atau Mati Total

Cara Memperbaiki Monitor Acer Mati Hidup atau Mati Total


Assalamu’alaikum.

Pada artikel kali ini saya akan membagi sedikit pengalaman dalam “memperbaiki monitor Acer Mati Hidup Atau mati total” yang namanya monitor pasti tidak lepas dari kehidupan kita sehari-hari contohnya monitorTV, monitor HP, bahkan monitor komputer atau laptop. Bahkan sakin seringnya di depan monitor karna candu bermain game monitor tersebut memnjadi pacar setia nya yang disingkat menjadi (Moni) nama yang cantik kan teman-teman hehehehe.

Baca  juga
      
      ·         TrikMemilih Headset
      ·         Fungsi Setiap Warna Kabel UTP
      ·         Prosesorgenerasi ke 7
      ·         MemilihBelanja Online atau Langsung di Toko
      ·         MemilihGame console atau PC

Untuk tidak panjang lebar lagi marikita langsung saja bagai mana kiat mudah memberbaiki monitor acer ini cuzzzz
      
     1.      Periksa sekringnya

Dalam mengecek sekring sangat lah perlu karena sekring adalah suatu alat yang digunakan sebagai pengaman dalam suatu rangkaian listrik apabila terjadi kelebihan muatan listrik atau suatu hubungan arus pendek. Karena intu manatau sekring tersebut putus.
      
      2.      Periksa elconya

Pada umumnya, sebuah elco memiliki fungsi untuk menyimpan arus listrik DC. Namun pada prakteknya, elco memiliki fungsi yang sangat beragam mulai dari sebagai filter atau penyaring, sebagai kopling, penghemat daya listrik, sampai dengan pembangkit frekwensi. Tak heran jika elco dapat ditemukan di hampir semua jenis rangkaian elektronika.

Komponen elco juga dapat mengalami kerusakan, seandainya kerusakan tidak di ketahui maupun elco meletus maka untuk mengetesnya dapat kita gunakan avometer. Cara pemakaian avometer yaitu dengan menghubungkan kabel avo ke kaki elco, jika elco normal, jarum pada avometer akan menunjuk ke atas kemudian perlahan lahan akan turun sampai nilai 0. Bila komponen elco rusak, maka jarum pada avometer tidak dapat turun dan tetap naik ke atas.
           
        3.        Cek bagian ICNya

Kerusakan pada IC secara fisik dapat di raba atau dilihat saja tetapi ada caralain apa bila IC nya rusak tetapi kerusakan nya tidak terlihat cara nya adalah:

    -          Cabut IC tersebut setelah itu tukar dengan IC yang dipastikan baik apa bila pas dinyalakan rangkaian tersebut menjadi normal maka memang IC tersebut yang rusak.
    
    -          Ukur tegangan masuk pada IC apa bila tegangan drop maka IC tersebut rusak dan itu tadi kegunaan dari menyecek Elco terlebih dahulu atau apa bila sebelum IC tersebut ada dioda maka cek dioda tersebut apa bila keduanya normal maka ganti saja IC tersebut.

Ini adalah contoh dari rangkaian moniotr nya:


Nah itulah cara memperbaiki monitor sesuai pengalaman saya, apa bila teman-teman mempunyai pengalan memperbaiki monitor atau yang lain bisa di tulis dikomentar.

Terimakasih semoga artikel kali ini bermanfa’at untuk kita semua.

Saya zakky salam teknologi.


Wassalam.


EmoticonEmoticon