Perbedaan antara Crack, Patch, Keygen, Serial Number & License Key

Perbedaan antara Crack, Patch, Keygen, Serial Number & License Key



Assalamu’alaikum.

Bagai mana keadaan teman-teman semua muda-mudahan selalu dalam keadaan sehat dan selalu diberi keselamatan oleh yang mahakuasa, bagi teman-teman yang kurang sehat semoga cepat sembuh supaya bisa mengerjakan pekerjaan sehari-hari seperti sedia kala amin.

Patch, Crack, Keygen, Serial Number adalah beberapa istilah yang sering kita dengar jika kita akan membajak sebuah software. Patch, Crack, Keygen, Serial Number biasanya digunakan untuk membuat sebuah software trial menjadi full version. Namun, banyak dari para netter sering salah kaprah tentang pengertian Patch, Crack, Keygen, Serial Number. Padahal Patch, Crack, Keygen, Serial Number adalah hal yang jelas-jelas berbeda. Oleh karena itu ZMA Elektro komputer akan menjelaskan tentang perbedaan Patch, Crack, Keygen, Serial Number.

   1.      Crack


Crack adalah suatu aktifitas pembobolan suatu software berbayar agar dalam proses pendaftarannya dapat kita lakukan tanpa harus membeli mau pun membayar lisensi resmi dari si pembuat software tersebut.

Crack juga sebuah program bisa berupa file executable ( .exe ) atau file .dll yang biasanya diletakan / di-tiban / di-overwrite di direktori sebuah program ( C:\Program Files\...).  Crack ini digunakan untuk membuat software yang tadinya bersifat trial menjadi full versi. Sebuah crack bisa didapat dari proses reverse engineering yakni mengubah file utama executable.

   2.      Patch

Patch ini bisa memiliki pengertian yang berbeda apabila dilihat dari 2 sisi. Patch dalam sisi yang baik, bisa berarti sebagai perbaikan dari sebuah program. Windows Updates bisa disebut juga sebagai patch, karena akan menambal celah-celah yang mungkin dapat membuat OS Windows menjadi tidak aman. Namun, jika dilihat dari sisi buruk, patch ini memiliki tujuan yang sama seperti crack. Bedanya, Patch akan langsung mengubah byte dalam file utama exe yang ada di program files sehingga berhasil di-crack dan membuat program yang di-patch menjadi full version

   3.      Keygen atau Keymaker


Keygen ( Key Generator ) / Keymaker adalah program komputer yang menghasilkan kunci perizinan produk, seperti nomor seri, perlu diaktifkan untuk penggunaan aplikasi perangkat lunak. Keygens dapat didistribusikan secara sah oleh produsen perangkat lunak untuk perangkat lunak perizinan di lingkungan komersial dimana perangkat lunak telah dilisensi secara massal untuk keseluruhan situs atau perusahaan, atau mungkin didistribusikan secara tidak sah dalam keadaan pelanggaran hak cipta atau pembajakan perangkat lunak

   4.      Serial Number atau Product Key

Serial Number adalah Sekumpulan karakter unik yang bisa terdiri atas kombinasi antara alfabet dan numerik (alfanumerik) yang biasanya menjadi penanda barang produksi serta dibuat selalu berbeda-beda meskipun jenis barangnya sama. Serial number juga umumnya digunakan sebagai kunci software berbayar dan bisa didapatkan pengguna setelah membeli software. terkadang hal ini dimanfaatkan oleh pihak tertentu yang dengan sengaja membuat program palsu untuk menjebak atau menipu pengguna lain. contoh nya adalah Fake Antivirus dan beberapa Rogue Software lainnya.

Serial Number / Product Key ini bisa berupa kumpulan angka & huruf untuk membuat sebuah program menjadi full version. Serial Number bisa juga dihasilkan dari sebuah KeyGen.

   5.      License Key


License Key ini tidak sama dengan Serial Number karena beberapa program tidak menyediakan slot serial number untuk mengaktivasi program tersebut. 

Salah satu contohnya adalah software yang bernama DxTory. DxTory ini tidak menyediakan slot serial number untuk mengaktivasi program DxTory. Untuk mengaktivasi DxTory kalian butuh sebuah license key dengan ekstensi file .dxtorylic, yang mana License Key ini bisa didapat dengan cara membeli produk tersebut.

Dari semua yang ada diatas, cara yang paling aman untuk mengaktivasi sebuah program adalah dengan Serial Number atau License Key dan tentu saja untuk mendapatkannya dengan cara membeli secara legal :D. Karena kita tidak pernah tahu apa yang ada didalam KeyGen, Patch, Crack tersebut. Bisa saja terdapat Virus, Trojan, Malware. Semoga artikel kali ini bermanfa’at untuk kita semua saya zakky salam teknologi.
wassalam.

Baca Juga

**Terimasih telah berkunjung semoga dapat menambah wawasan kita bersama, untuk dukungan teman-teman bisa berdonasi pada link berikut (Klik Dini) Sebanyak apapun donasi dari teman-teman itu sangat berarti bagi kami dan juga kalau ada dari teman-teman yang ingin mengajukan pertanyaan atau request tema seputar teknologi bisa langsung saja tulis pada kolom pesan di link donasi yang sudah ter sedia.**

1 komentar:

baru tau ane gan, terimakasih sudah share. jadi tambah pengetahuan.
solder uap


EmoticonEmoticon