Apa itu Libre Office

Libre Office Saudara Dekat dari Microsoft Office


Assalamu’alaikum...

Kali ini kita akan membahas tentang sudara dekat dari microsoft office yaitu libre office mengapa saya bilang saudara dekat karena libre office memiliki dan mimpunyai fitur yang hampirsama dengan microsoft office. Dan bagi teman-teman yang ingin mendownload bisa download langsung di artikel ini.

Baca juga:
     ·        Jaringan 4G Indonesia
     ·        Jaringan 5G

Eeeets jangan langsung cari dimana tempat download nya dulu karena kita harus mengetahui atau mengenali apa itu libre office karna takkenal maka nya tak sayang. Nah tampa basa basi lagi mari langsung saja mengenali dan apa saja fitur dari  Libre Office itu sendiri.

Apa itu Libre Office beserta Fiturnya serta Kelebihan dan Kekurangannya dibanding Microsoft Office 

Libre Office sendiri merupakan sebuah Paket Aplikasi Perkantoran yang bersifat Free Software (yang artinya bebas digunakan). Libre Office sendiri merupakan Pengembangan dari Aplikasi sejenis yang bernama Open Office, Libre Office dikembangkan oleh The Document Foundation (TDF).

LibroOffice menggunakan format berkas OpenDocument (ODF) sesuai standar ISO/IEC internasional sebagai format aslinya untuk menyimpan dokumen di seluruh aplikasinya. LibreOffice juga kompatibel dengan paket aplikasi perkantoran lainnya, termasukMicrosoft Office, melalui berbagai filter impor/ekspor. Format berkas Microsoft Office didukung dengan baik, meskipun beberapa fitur tata letak dan pemformatan atribut ditangani secara berbeda dalam aplikasi ini atau sama tidak didukung sepenuhnya dalam filter-filter tersebut.
Fitur pada Libre Office.
§  Menyimpan dan membuka dokumen dengan format ODF (Open Document File)
§  Mengekspor dokumen ODF menjadi flat XML.
§  Import dokumen Microsoft Visio dan Microsoft Publisher.
§ Membuka dokumen *.docx. Docx adalah format dokumen standar untuk aplikasi Microsoft Office 2007 dan terbaru.
§  Menyimpan dokumen dalam format PDF.
§  Menambahkan Komentar dan Anotasi di Dokumen.
§  Aplikasi Remote Control untuk Presentasi.
§ Berkolaborasi melalui CMIS Protocol. Fitur terbaru yang memungkinkan pengguna berkolaborasi dengan pengguna lain dalam mengerjakan suatu dokumen.

Komponen Aplikasi pada Libre Office

   Writer
Pengolah kata dengan fungsi yang hampir sama dan dukungan berkas terhadap Microsoft Word atau WordPerfect. Writer juga dapat berfungsi sebagaipenyunting teks dasar.

  Calc
Lembar kerja yang mirip dengan Microsoft Excel atau Lotus 1-2-3. Calc memiliki beberapa fitur unik, termasuk sebuah sistem yang secara otomatis mendefinisikan beberapa elemen grafik sesuai dengan informasi yang diberikan oleh pengguna.

  Impress
Aplikasi presentasi yang mirip dengan Microsoft PowerPoint. Presentasi dapat diekspor sebagai berkas SWF, yang memungkinkan untuk dapat dilihat dikomputer dengan Adobe Flash terinstal. LibreOffice Impress juga memungkinkan efek transisi 3D (OpenGL) dan penggunaan model 3D.

  Draw
Penyunting grafis vektor dan perangkat pembuat diagram yang mirip dengan Microsoft Visio dan sebanding dalam fitur pada versi awal dari CorelDRAW. Libreoffice Draw menyediakan konektor antara bentuk (shape) yang tersedia dalam berbagai gaya garis dan memungkinkan pembuatan gambar sepertidiagram alir. LibreOffice Draw juga memiliki fitur yang mirip dengan perangkat lunak desktop publishing seperti Scribus dan Microsoft Publisher.

  Math
Aplikasi yang dirancang untuk membuat dan menyunting formula matematika. Program ini menggunakan varian dari XML untuk membuat formula sebagaimana yang ditetapkan dalam spesifikasi OpenDocument. Formula ini juga dapat disertakan ke dokumen lain dalam paket aplikasi LibreOffice (seperti yang dibuat dengan Writer atau Calc) dengan cara mencantumkannya ke dalam dokumen tersebut.

  Base
Aplikasi basis data relasional yang serupa dengan Microsoft Access. LibreOffice Base memungkinkan pembuatan dan pengaturan basis data, penyusunan formulir dan laporan untuk kemudahan akses data oleh pengguna akhir. Sama seperti Akses, Base dapat digunakan sebagai basis data kecil yang tertanam (embedded), yang tersimpan dalam berkas dokumen (menggunakan HSQLDB berbasis-Java sebagai mesin penyimpanannya), dan untuk pekerjaan yang lebih berat dapat juga digunakan sebagai suatu front-end untuk berbagai sistem basis data, termasuk basis data Access (JET), sumber data ODBC/JDBC, dan MySQL, MariaDB, PostgreSQL atau Microsoft Access.

Perkembangan Libre Office
Para pengembang dari TDF menargetkan LibreOffice untuk Microsoft Windows (IA-32 dan x86-64), Linux (IA-32 dan x86-64) dan OS X (x86-64). Portal komunitas FreeBSD, NetBSD, dan OpenBSD menerima dukungan dari para kontributor pada proyek-proyek tersebut. Suatu porta komunitas bagi OpenIndiana saat ini sedang dalam tahap pengembangan.
LibreOffice Online akan memungkinkan penggunaan LibreOffice melalui sebuah peramban web dengan menggunakan elemen kanvas dari HTML5. Pengembangan telah diumumkan saat Konferensi LibreOffice pertama pada bulan Oktober 2011 dan sampai saat ini masih berjalan.Sampai dengan tahun 2015, LibreOffice Online masih belum dirilis.

Keunggulan Libre Office
1.  LibreOffice merupakan aplikasi office yang gratis dan bebas anda gunakan maupun anda sebarkan, sedangkan microsoft office merupakan aplikasi office yang harganya sangat mahal (Microsoft Office Professional dijual dengan harga $499.99).
2.  LibreOffice memiliki fitur dan fungsi yang sama dengan microsoft office.
3. LibreOffice bisa digunakan untuk membuka dokumen yang menggunakan format microsoft office.
4.  Bisa langsung export ke PDF.
5.  Di support oleh berbagai komunitas khususnya pecinta open source.
6.  Support 32 dan 64 bit.

Kelemahan Libre Office
1.  Bagi anda yang sudah terbiasa menggunakan microsoft office, terdapat beberapa letak tombol dan fungsi yang berbeda dengan microsoft office, sehingga anda perlu sedikit penyesuaian dalam menggunakannya.
2.  Terkadang dalam membuka file yang berformat microsoft office (.doc, .xls, .ppt dsb), beberapa format seperti penataan paragraf, tabel dsb menjadi sedikit tidak beraturan.
3.  Ukuran file instalasi terlalu besar (antara 200 MB – 220 MB)
4.  Membutuhkan space HDD yang cukup besar (hamper sama dengan Ms.office 2007).

Nah kita sudah mengetahui apa itu Libre Office nah bagi teman-teman yang ingin mendownload bisa download disini:


Nah itu informasi tentang Libre Office semoga bermanfa’at untuk kita semua.
Saya zakky salam teknologi


Wassalam.  

1 komentar:


EmoticonEmoticon